Monday 16 May 2016

Confidence - Manfaat Senam Yoga Untuk Lansia



Manfaat Senam Yoga Untuk Lansia

Manfaat Senam Yoga Untuk Lansia
Manfaat Senam Yoga Untuk Lansia
Usia tua merupakan usia yang akan dilewati oleh setiap manusia. Akan tetapi, Anda bisa mencegah terjadinya kehidupan tua secara dini dengan selalu melakukan pola hidup sehat dan olah raga secara teratur demi terhindarnya penurunan kekuatan fisik. Namun, bagi Caring People yang sudah berusia lanjut dan ingin tetap merasakan hidup sehat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko penurunan kemampuan fisik dan kesehatan di usia senja.

Salah satunya adalah dengan melakukan kelas yoga secara teratur. Yoga merupakan olah raga ‘low impact’ yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan para praktisinya sehingga sesuai bagi siapapun, termasuk kaum lansia dan wanita hamil.

Selain telah terbukti dapat meningkatkan fungsi tubuh dan otak para lansia, yoga juga dapat mencegah, mengontrol penyakit serta keadaan emosional yang biasa ditemui pada para lansia seperti berbagai penyakit sendi atau tekanan darah tinggi.

Ada beberapa jenis gerakan yoga yang bisa dilakukan oleh para lansia. Di antaranya adalah:

  1. Sukhasana (Easy Pose)
Gerakan ini merupakan gerakan khas meditasi yang dapat membantu meluruskan kembali tulang punggung, mengurangi metabolisme serta meningkatkan ketenangan dalam diri.

  1. Bidalasana (Cat Pose)
Gerakan yang dapat membantu meningkatkan koordinasi antara gerakan tubuh serta nafas ini tidaklah dianjurkan bagi para lansia yang menderita gangguan pada punggung dan tulang belakang.

  1. Adho Mukha Svanasana (Downward Facing Dog)
Gerakan ini dapat meningkatkan fleksibilitas tulang belakang serta membantu untuk menghindarkan dari masalah pada tulang belakang. Namun seperti Bidalasana, gerakan ini tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita gangguan punggung dan tulang belakang.

  1. Kapalabhati Pranayama (tehnik bernafas)
Kapalabhati dapat menimbulkan kesegaran serta membersihkan udara yang mengalir dalam tubuh melalui sistem pernapasan dan darah sehingga dapat membuat para praktisinya terhindar dari penyakit-penyakit pernafasan.

  1. Salabhasana (Locust Pose)
Gerakan ini diharapkan dapat meningkatkan kekuatan pada area perut, lengan serta kaki.

No comments:

Post a Comment