Monday, 30 May 2016

Confidence - Tips Puasa Sehat Untuk Lansia



Tips Puasa Sehat Untuk Lansia

Tips Puasa Sehat Untuk Lansia
Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa lho, Caring People. Dan ketika berpuasa, maka pola makan sehari-hari akan berubah. Dengan berubahnya pola makan, maka jumlah asupan kalori yang masuk ke tubuh pun jadi berkurang. Inilah yang membuat banyak orang khawatair jika para orang tua yang berusia lanjut (lansia) tidak mampu menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

Sebenarnya boleh-boleh saja bila orang sudah lanjut usia melaksanakan puasa asal perhatikan pola makannya yakni dengan mengonsumsi 40 persen kalori saat sahur dan 50 persen kalori saat berpuasa. Dengan mengonsumsi makanan ringan dan makan berat setelah maghrib. Setelah itu 10 persen kalori sesudah melakukan tarawih. Berikut beberapa tips sehat yang bisa dilakukan orang lanjut usia (lansia) dalam melakukan puasa:

1. Asupan Cairan
Untuk mencegah tubuh kekurangan cairan, konsumsilah cairan 30-50 cc/kg per hari atau setara dengan 8-10 gelas. Adapun takaran atau porsi mengonsumsi cairan saat puasa yaitu 2 gelas saat berbuka, 3-4 gelas setelah tarawih, 1 gelas sebelum sahur dan 1-2 gelas saat sahur.

2. Pola Makan
Untuk membatalkan puasa, awali berbuka dengan yang manis, sementara untuk makan berat sebaiknya dilakukan setelah shalat maghrib. Untuk pola makan saat sahur konsumsilah 40 persen kalori, 50 persen saat berbuka (dibagi sebelum dan sesudah salat maghrib) dan 10 persen setelah shalat tarawih.

3. Konsumsi vitamin
Vitamin bisa membantu bagi usia lanjut untuk menambah stamina selama berpuasa agar tidak lemas. Dan bagi mereka yang memiliki beberapa penyakit, obat harus tetap dikonsumsi tetap diminum sesuai jadwal pada saat sahur dan berbuka puasa, sesuai petunjuk dokter.

 4. Aktivitas fisik
Olahraga bisa dilakukan siapa saja bukan hanya orang muda saja, tapi juga berlaku bagi usia lanjut. Melakukan aktivitas fisik secara wajar, tidak masalah asal jangan berlebihan supaya mencegah kelelahan saat berpuasa, seperti joging, berjalan kaki, atau meditasi. Dan jangan lupa untuk beristirahat yang cukup.

5. Cek kesehatan
Ada baiknya bila Anda tetap memonitor kesehatan sebelum, selama, dan sesudah berpuasa. Misalnya dengan pengecekan kadar glukosa darah dan tekanan darah harus dilakukan rutin. Bila dilihat hasil pemeriksaan kurang baik,dianjurkan untuk tidak berpuasa.

Monday, 23 May 2016

Confidence - Tips Gaya Hidup Sehat Pada Lansia



Tips Gaya Hidup Sehat Pada Lansia
 
Tips Gaya Hidup Sehat Pada Lansia
Jika Caring People mendambakan hidup sehat sampai di usia tua, cobalah bergaya hidup sehat. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, seseorang lansia dapat beraktifitas tanpa mengonsumsi obat-obatan seperti aspirin sebagai pengurang stres dan sakit kepala. Yuk, simak beberapa tips menjalani gaya hidup sehat di usia lanjut berikut ini:

  1. Pola Makan Sederhana
Gaya hidup sehat yang paling utama bagi lansia adalah pola makan. Makanan yang boleh dikonsumsi yang disarankan adalah sayuran, gandum, buah-buahan yang tidak memicu asam lambung seperti jeruk manis, dan pepaya. Hindari juga segala makanan yang mengandung telur karena dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

  1. Olahraga Ringan
Olahraga yang paling cocok untuk lansia adalah yoga, jalan kaki di pagi hari dan bersepeda.

  1. Jangan Mengkonsumsi Makanan Berlemak
Sedikit saja makanan berlemak yang masuk pada tubuh lansia mengakibatkan gejala yang serius seperti kolesterol naik, pusing, resiko jantung dan mual. Gejala pun dampaknya bisa langsung terjadi pada saat memakan ataupun setelah makan.

  1. Minumlah Susu Pencegah Osteoporosis (Tulang Keropos)
Banyak produk yang menawarkan susu untuk mencegah osteoporosis, namun hal yang penting diperhatikan adalah tidak semua produk susu cocok untuk Anda lho, Caring People. Anda dapat meminta saran kepada dokter konsultan gizi agar melakukan pengecekan mulai dari riwayat penyakit Anda hingga kesehatan lainnya yang dapat menentukan susu apakah yang cocok bagi Anda.

  1. Sebisa Mungkin Mengurangi Asupan Garam
Garam yang dikonsumsi pada usia tua mengakibatkan tekanan darah tinggi, minimkanlah asupan garam menjadi 3-4 gram sehari.

  1. Berhentilah Merokok Pada Usia Tua
Merokok pada lansia dapat memiliki resiko lebih besar, karena daya tahan paru-paru dan jantung sudah mulai lemah. Berbeda dengan pada saat muda, jantung dapat memompa darah lebih cepat dan lancar dalam mengeluarkan toksin (racun) dalam tubuh.

  1. Hindari Makanan Yang Mengandung Santan
Santan memang bumbu khas indonesia dan sehat, namun selalu ingatlah komponen penting gaya hidup sehat bagi lansia adalah asupan makanan. Santan beresiko dapat menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Monday, 16 May 2016

Confidence - Manfaat Senam Yoga Untuk Lansia



Manfaat Senam Yoga Untuk Lansia

Manfaat Senam Yoga Untuk Lansia
Manfaat Senam Yoga Untuk Lansia
Usia tua merupakan usia yang akan dilewati oleh setiap manusia. Akan tetapi, Anda bisa mencegah terjadinya kehidupan tua secara dini dengan selalu melakukan pola hidup sehat dan olah raga secara teratur demi terhindarnya penurunan kekuatan fisik. Namun, bagi Caring People yang sudah berusia lanjut dan ingin tetap merasakan hidup sehat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko penurunan kemampuan fisik dan kesehatan di usia senja.

Salah satunya adalah dengan melakukan kelas yoga secara teratur. Yoga merupakan olah raga ‘low impact’ yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan para praktisinya sehingga sesuai bagi siapapun, termasuk kaum lansia dan wanita hamil.

Selain telah terbukti dapat meningkatkan fungsi tubuh dan otak para lansia, yoga juga dapat mencegah, mengontrol penyakit serta keadaan emosional yang biasa ditemui pada para lansia seperti berbagai penyakit sendi atau tekanan darah tinggi.

Ada beberapa jenis gerakan yoga yang bisa dilakukan oleh para lansia. Di antaranya adalah:

  1. Sukhasana (Easy Pose)
Gerakan ini merupakan gerakan khas meditasi yang dapat membantu meluruskan kembali tulang punggung, mengurangi metabolisme serta meningkatkan ketenangan dalam diri.

  1. Bidalasana (Cat Pose)
Gerakan yang dapat membantu meningkatkan koordinasi antara gerakan tubuh serta nafas ini tidaklah dianjurkan bagi para lansia yang menderita gangguan pada punggung dan tulang belakang.

  1. Adho Mukha Svanasana (Downward Facing Dog)
Gerakan ini dapat meningkatkan fleksibilitas tulang belakang serta membantu untuk menghindarkan dari masalah pada tulang belakang. Namun seperti Bidalasana, gerakan ini tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita gangguan punggung dan tulang belakang.

  1. Kapalabhati Pranayama (tehnik bernafas)
Kapalabhati dapat menimbulkan kesegaran serta membersihkan udara yang mengalir dalam tubuh melalui sistem pernapasan dan darah sehingga dapat membuat para praktisinya terhindar dari penyakit-penyakit pernafasan.

  1. Salabhasana (Locust Pose)
Gerakan ini diharapkan dapat meningkatkan kekuatan pada area perut, lengan serta kaki.

Monday, 9 May 2016

Confidence - Hindari Stres Pada Lansia Dengan Hal Berikut Ini

Hindari Stres Pada Lansia Dengan Hal Berikut Ini



Tahukah Caring People? Menurut studi terbaru, lansia yang mengalami stres berat, dua kali lebih cenderung mengalami masalah memori, yang sering diikuti dengan penyakit Alzheimer, dibandingkan mereka yang hanya memiliki stres rendah. Artinya, stres terlalu berat akan membuat Anda menjadi cepat pikun. Agar terhindar dari stres, yuk lakukan kiat-kiat berikut ini:
  1. Meditasi.
    Meditasi merupakan cara ampuh mengontrol stres dengan di dampingi oleh tenaga professional. Apabila Anda tidak mempunyai cukup biaya lebih, ajaklah orang tua Anda yang mungkin sudah lanjut usia ke tempat yang sejuk dan tenang seperti di pegunungan, hal ini cukup ampuh dalam menyegarkan pikiran yang didampingi oleh udara yang segar dan tidak bising.

  2. Ajaklah Tertawa.
    Bagi kaum muda tertawa sudah kerap umum yang memberikan manfaat awet muda dan terhindar dari stres, hal ini tentu juga berlaku pada usia tua.

  3. Jalan-Jalan Pagi
    Mungkin ini dianggap sebagai hal biasa bagi yang tidak mengetahuinya, kebanyakan penduduk di area pegunungan selalu memanfaatkan jalan pagi hari pada pukul 5.30 hingga 7.00 untuk menyegarkan pikiran.

  4. Hindarkan Diri dari Keletihan.
    Letih sangat memicu sekali amarah yang berujung pada stres, maka dari itulah dokter tidak menyarankan untuk bekerja keras, terutama bagi lansia.

  5. Perbanyak Minum Air.
    Meski sudah tua, otak tetap membutuhkan air, dan air tersebut digunakan untuk melancarkan peredaran darah pada otak yang berguna sekali mengurangi depresi, amarah, stres maupun keletihan. Karena dalam dunia medis penyempitan pembuluh darah disebabkan oleh faktor stres.

Wednesday, 30 March 2016

Confidence - Sumber Makanan Penguat Tulang Bagi Usia Lanjut



Sumber Makanan Penguat Tulang Bagi Usia Lanjut
Sumber Makanan Penguat Tulang Bagi Usia Lanjut
Caring People, perlu diketahui bahwa fungsi tulang dalam tubuh memiliki peran yang sangat vital sebagai penyangga organ yang lain. Tanpa tulang, tubuh pasti akan kesulitan untuk bisa berdiri tegak. Tulang mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan dan berlangsung terus sampai dekade kedua dalam susunannya yang teratur. Untuk itu, supaya tulang tumbuh dengan normal harus dijaga pertumbuhan dan kesehatannya sejak usia dini. 

Salah satunya tentu saja dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan berolahraga secara teratur. Sebagaimana diketahui bahwa makanan yang baik untuk tulang pada dasarnya terdiri dari dua yakni vitamin D dan juga kalsium. Vitamin D sangat diperlukan oleh tubuh karena peranannya dalam menyerap kalsium. Sedangkan kalsium merupakan mineral penting dalam tubuh yang disimpan di dalam tulang. Kalau dalam keseharian Anda tidak mendapatkan kalsium maka kecenderungan tulang menjadi rapuh sangat besar yang mengakibatkan tulang akan mudah patah. 

Berikut ini merupakan makanan yang sangat baik untuk menjaga kondisi tulang tetap sehat dan juga kuat :
1.      Susu
2.      Sayuran berdaun hijau gelap
3.      Ikan Salmon
4.      Keju
5.      Almond
6.      Brokoli

Itulah beberapa jenis makanan yang banyak mengandung kasium dan vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan, menjaga kekuatan, dan kekeroposan tulang. Disarankan bagi Anda yang menginginkan tulang yang kuat dan baik untuk mengonsumsi berbagai makanan diatas secara rutin dan teratur. Kalau Anda bosan dengan satu jenis makanan tersebut, maka bisa ditukar dengan jenis makanan lainnya yang sama-sama mengandung kalsium dan vitamin D sehingga manfaatnya setara. Demi kesehatan tulang di usia lanjut, kecukupan kalsium dan vitamin D-nya harus terpenuhi dengan baik dan cukup ya Caring People.

Confidence - The Expert of Adult Care

Tuesday, 29 March 2016

Confidence - Permainan Untuk Melatih Otak Orang Tua Lanjut Usia



Permainan Untuk Melatih Otak Orang Tua Lanjut Usia
Permainan Untuk Melatih Otak Orang Tua Lanjut Usia

Mengembangkan keterampilan kognitif merupakan suatu keharusan bagi orang-orang untuk semua kelompok usia. Bagi orang lanjut usia harus memilih jenis-permainan otak agar mempertajam kemampuan kognitif mereka dan menjaga otak sehat. Berikut adalah permainan senior yang bisa Anda terapkan di rumah : 

1.      Permainan memori
Dalam permainan ini, Anda harus ingat nama benda dalam urutan tertentu dan memberitahu mereka dengan mengingat ketika giliran Anda mulai. Saat bermain permainan ini, banyak daerah otak yang dirangsang bertanggung jawab untuk mengambil dan menyimpan informasi. Ini adalah permainan klasik, namun cara ini efektif untuk menguji dan meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat berbagai hal.
2.      Bermain Catur
Bermain catur adalah salah satu permainan paling populer untuk meningkatkan keterampilan kognitif Anda. Ini adalah permainan strategi lengkap yang membantu meningkatkan kekuatan Anda berpikir analitis dan kritis serta keterampilan visualisasi. yang paling penting, permainan catur bisa membantu meningkatkan ketajaman mental.
3.      Kubus Rubik  
Ini adalah cara terbaik untuk mengasah kemampuan kognitif Anda yang meningkatkan otak Anda. Kubus memiliki enam wajah, masing-masing tertutup oleh sembilan stiker persegi pada enam warna. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk menempatkan batu dengan cara masing-masing sisi kubus memiliki warna yang lengkap.

Confidence - The Expert of Adult Care