Monday 23 May 2016

Confidence - Tips Gaya Hidup Sehat Pada Lansia



Tips Gaya Hidup Sehat Pada Lansia
 
Tips Gaya Hidup Sehat Pada Lansia
Jika Caring People mendambakan hidup sehat sampai di usia tua, cobalah bergaya hidup sehat. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, seseorang lansia dapat beraktifitas tanpa mengonsumsi obat-obatan seperti aspirin sebagai pengurang stres dan sakit kepala. Yuk, simak beberapa tips menjalani gaya hidup sehat di usia lanjut berikut ini:

  1. Pola Makan Sederhana
Gaya hidup sehat yang paling utama bagi lansia adalah pola makan. Makanan yang boleh dikonsumsi yang disarankan adalah sayuran, gandum, buah-buahan yang tidak memicu asam lambung seperti jeruk manis, dan pepaya. Hindari juga segala makanan yang mengandung telur karena dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

  1. Olahraga Ringan
Olahraga yang paling cocok untuk lansia adalah yoga, jalan kaki di pagi hari dan bersepeda.

  1. Jangan Mengkonsumsi Makanan Berlemak
Sedikit saja makanan berlemak yang masuk pada tubuh lansia mengakibatkan gejala yang serius seperti kolesterol naik, pusing, resiko jantung dan mual. Gejala pun dampaknya bisa langsung terjadi pada saat memakan ataupun setelah makan.

  1. Minumlah Susu Pencegah Osteoporosis (Tulang Keropos)
Banyak produk yang menawarkan susu untuk mencegah osteoporosis, namun hal yang penting diperhatikan adalah tidak semua produk susu cocok untuk Anda lho, Caring People. Anda dapat meminta saran kepada dokter konsultan gizi agar melakukan pengecekan mulai dari riwayat penyakit Anda hingga kesehatan lainnya yang dapat menentukan susu apakah yang cocok bagi Anda.

  1. Sebisa Mungkin Mengurangi Asupan Garam
Garam yang dikonsumsi pada usia tua mengakibatkan tekanan darah tinggi, minimkanlah asupan garam menjadi 3-4 gram sehari.

  1. Berhentilah Merokok Pada Usia Tua
Merokok pada lansia dapat memiliki resiko lebih besar, karena daya tahan paru-paru dan jantung sudah mulai lemah. Berbeda dengan pada saat muda, jantung dapat memompa darah lebih cepat dan lancar dalam mengeluarkan toksin (racun) dalam tubuh.

  1. Hindari Makanan Yang Mengandung Santan
Santan memang bumbu khas indonesia dan sehat, namun selalu ingatlah komponen penting gaya hidup sehat bagi lansia adalah asupan makanan. Santan beresiko dapat menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

No comments:

Post a Comment