Monday 30 May 2016

Confidence - Tips Puasa Sehat Untuk Lansia



Tips Puasa Sehat Untuk Lansia

Tips Puasa Sehat Untuk Lansia
Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa lho, Caring People. Dan ketika berpuasa, maka pola makan sehari-hari akan berubah. Dengan berubahnya pola makan, maka jumlah asupan kalori yang masuk ke tubuh pun jadi berkurang. Inilah yang membuat banyak orang khawatair jika para orang tua yang berusia lanjut (lansia) tidak mampu menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

Sebenarnya boleh-boleh saja bila orang sudah lanjut usia melaksanakan puasa asal perhatikan pola makannya yakni dengan mengonsumsi 40 persen kalori saat sahur dan 50 persen kalori saat berpuasa. Dengan mengonsumsi makanan ringan dan makan berat setelah maghrib. Setelah itu 10 persen kalori sesudah melakukan tarawih. Berikut beberapa tips sehat yang bisa dilakukan orang lanjut usia (lansia) dalam melakukan puasa:

1. Asupan Cairan
Untuk mencegah tubuh kekurangan cairan, konsumsilah cairan 30-50 cc/kg per hari atau setara dengan 8-10 gelas. Adapun takaran atau porsi mengonsumsi cairan saat puasa yaitu 2 gelas saat berbuka, 3-4 gelas setelah tarawih, 1 gelas sebelum sahur dan 1-2 gelas saat sahur.

2. Pola Makan
Untuk membatalkan puasa, awali berbuka dengan yang manis, sementara untuk makan berat sebaiknya dilakukan setelah shalat maghrib. Untuk pola makan saat sahur konsumsilah 40 persen kalori, 50 persen saat berbuka (dibagi sebelum dan sesudah salat maghrib) dan 10 persen setelah shalat tarawih.

3. Konsumsi vitamin
Vitamin bisa membantu bagi usia lanjut untuk menambah stamina selama berpuasa agar tidak lemas. Dan bagi mereka yang memiliki beberapa penyakit, obat harus tetap dikonsumsi tetap diminum sesuai jadwal pada saat sahur dan berbuka puasa, sesuai petunjuk dokter.

 4. Aktivitas fisik
Olahraga bisa dilakukan siapa saja bukan hanya orang muda saja, tapi juga berlaku bagi usia lanjut. Melakukan aktivitas fisik secara wajar, tidak masalah asal jangan berlebihan supaya mencegah kelelahan saat berpuasa, seperti joging, berjalan kaki, atau meditasi. Dan jangan lupa untuk beristirahat yang cukup.

5. Cek kesehatan
Ada baiknya bila Anda tetap memonitor kesehatan sebelum, selama, dan sesudah berpuasa. Misalnya dengan pengecekan kadar glukosa darah dan tekanan darah harus dilakukan rutin. Bila dilihat hasil pemeriksaan kurang baik,dianjurkan untuk tidak berpuasa.

No comments:

Post a Comment